Latest Post

Darah haid menggumpal? Berikut Cara Mengatasinya – SehatQ Sedang Cari Harga Toyota Avanza? Ini Informasinya

Listrik merupakan salah satu sumber energi yang paling banyak digunakan saat ini. Saking pentingnya, banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menghindari penyebab mati listrik. Salah satunya mencari tempat jual genset Jakarta, untuk sumber listrik cadangan jika sumber listrik utama bermasalah.

Penyebab Mati Listrik

Sekarang ini, hampir semua hal membutuhkan listrik. Ada banyak kegiatan yang bisa terhenti jika tidak ada aliran listrik. Masalahnya, terkadang aliran listrik ini mengalami gangguan. Berikut ini 5 penyebab mati listrik yang mungkin terjadi dan Anda alami sendiri, yaitu:

1. Pemadaman Terpusat

Salah satu penyebab mati listrik yang sering terjadi adalah adanya pemadaman terpusat. Hal ini biasanya terjadi ketika perusahaan penyedia listrik harus melakukan perawatan ataupun pengecekan alat distribusi listrik.

Biasanya, jika terjadi pemadaman terpusat seperti ini, maka perusahaan listrik akan memberikan informasi terlebih dahulu. Pemadaman ini sendiri bertujuan untuk menjaga keselamatan.

2. Over Supply

Penyebab listrik padam lainnya akan berkaitan dengan sumber daya dan pembangkit. Biasanya pembangkit listrik akan otomatis mati jika harus mengeluarkan daya yang melebihi kapasitasnya. Hal ini biasa terjadi ketika suatu daerah mengalami lonjakan penggunaan listrik yang cukup signifikan.

Selain itu, hantaman petir ke pembangkit listrik juga bisa menjadi penyebab matinya listrik. Karena pembangkit akan otomatis mati ketika terkena petir. Hantaman petir ini juga akan otomatis meningkatkan daya listrik, sehingga pembangkit akan otomatis padam untuk menghindari kebakaran.

3. Korsleting

Penyebab mati listrik lainnya yang sering terjadi adalah karena korsleting. Secara singkat, korsleting sendiri merupakan arus listrik yang mengalir tidak pada alurnya, itulah mengapa hal ini juga sering disebut dengan arus pendek.

Beberapa alat listrik memiliki mekanisme yang akan langsung memutus arus listrik jika seandainya terjadi arus pendek ini. Mekanisme ini sendiri bertujuan untuk menghindari kebakaran akibat arus pendek.

4. Bencana Alam

Ketika terjadi bencana alam, seperti misalnya banjir. Maka biasanya arus listrik juga akan ikut dipadamkan. Salah satu alasannya adalah menghindari orang tersengat aliran listrik ketika banjir.

5. Distribusi Listrik Terganggu

Masalah lain yang juga seringkali menyebabkan listrik mati adalah ketika terganggunya distribusi listrik. Penyebab terjadinya gangguan tersebut ada berbagai macam, mulai dari kabel yang terputus, gardu pemasok di salah satu titik mengalami kerusakan, dan lainnya.

Gangguan seperti ini biasanya bersifat dadakan dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Hal inilah mengapa banyak orang menggunakan genset sebagai cadangan sumber listrik di rumah.

Sudah Tahu Faktor Penyebab Mati Listrik?

Tidak ada waktu yang pasti untuk menentukan berapa lama pemadaman listrik akan terjadi. Mungkin bisa hanya hitungan menit, tapi bisa juga sampai hitungan jam bahkan hari.

Maka dari itu, demi menghindari sejumlah faktor yang menjadi penyebab mati listrik tiba-tiba, alangkah baiknya Anda memiliki genset sebagai sumber listrik cadangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.