Latest Post

Ingin Punya Deposito? Pilih DepositoBPR by Komunal Aja! Rusia Kehilangan Enam Jenderal Militer selama Perang Ukraina, Mantan Bos CIA: Ini Sangat Tidak Biasa

Pedangdut Saipul Jamil akhirnya bisa menghirup udara bebas setelah menjalani masa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta Timur selama lima tahun. Seperti yang diketahui, Saipul Jamil harus mendekam di penjara atas dua kasus berbeda yang menjeratnya. Dua kasus tersebut, yakni kasus asusila dan kasus suap panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Kalapas Kelas 1 Cipinang, Tonny Nainggolan mengatakan bahwa sang pedangdut kini berstatus bebas murni. "Dia sudah dinyatakan sebagai orang yang merdeka, orang yang bebas murni," kata Tonny, Kamis(2/9/2021). "Tidak ada lagi sangkut pautnya dengan Lapas Kelas 1 Cipinang," sambungnya.

Tonny Nainggolan menyebut Saipul Jamil mendapatkan remisi sebanyak 30 bulan dari total hukuman. Kata Tonny, masa tahanan yang harusnya dijalani mantan suami Dewi Perssik ini adalah 8 tahun kurungan penjara. "Total remisi ada 30 bulan dari hukuman 8 tahun dua perkara," ujar Tonny Nainggolan.

Selama di dalam penjara, Tonny menyebut pria yang akrab disapa Bang Ipul itu bisa dengan mudah menyesuaikan diri dengan warga binaan lain dan lingkungan. "Dia aktif dalam pembinaan musik di Lapas Kelas 1 Cipinang, dan juga aktif di dalam peribadatan," ucapnya. Tonny menilai, pria 41 tahun itu menunjukkan perubahan sikapnya, jika dibandingkan dari awal masuk sampai detik detik menjelang bebasnya di Lapas Cipinang.

"Kami jamin pasti dia (Saipul Jamil) ada perubahan," ungkapnya. Lima tahun di dalam penjara, Tonny mengatakan Saipul Jamil berperilaku baik dengan warga binaan lainnya. Sebab, selama ini, warga binaan tidak ada yang mengeluh terkait perilaku Bang Ipul di dalam penjara.

Tonny berharap Saipul Jamil bisa terus menjaga perubahan diri atas apa yang dijalani dan didapatkan selama mendekam didalam penjara. "Kami berharap Saipul Jamil ketika sudah bergabung dengan masyarakat, bisa menyesuaikan diri dan bisa bernegara," ujar Tonny Nainggolan. Momen bebasnya Saipul Jamil sempat terekam di Lapas Cipinang. Ia dijemput sang kekasih dengan mobil mewah jenis Porsche berkelir merah menyala.

Pedangdut Indah Sari terlihat hadir menyambut kebebasan pedangdut Saipul Jamil sekitar pukul 09.30 WIB. Saat keluar dari Lapas Cipinang, Saipul Jamil menyampaikan terima kasihnya kepada Indah Sari. "Saya sudah dijemput sama Indah dan benar benar indah pada waktunya. Pokoknya terima kasih doanya," kata Saipul Jamil.

Pria yang akrab disapa Ipul itu tampak bahagia dan semringah, melihat perhatian Indah yang begitu besar kepadanya saat menyambut kebebasannya itu. "Kalau ini mah bukan cuma setia lagi, super super setia," ucap pria 41 tahun tersebut. Saipul Jamil juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada keluarga dan semua sahabat artis, yang sudah mendoakannya selama didalam penjara.

"Terutama buat penggemar, saya terima kasih. Pokoknya I love you full," ujar Saipul Jamil. Indah Sari saat ditanya awak medua mengaku sudah hadir sejak pagi hari. Ia datang ke lapas Cipinang menggunakan jaket warna warni dan kaos putih serta kalung di lehernya.

Tak hanya itu, ia juga membawa bucket mawar merah berukuran besar untuk Saipul Jamil. Berbeda dari sebelumnya, kali ini ia datang ke Lapas Cipinang tidak membawa bekal makanan untuk Saipul Jamil. Bukan tanpa sebab, di hari pertama setelah kembali menghirup udara bebas, Indah Sari ingin mengajak Saipul Jamil makan banyak.

"Biasanya bawa makanan, hari ini tapi enggak bawa makanan karena bang Ipul itu enggak perlu lagi dikasih makanan karena bahagia itu enggak perlu dikasih makanan tapi kamu mau makan apa di sana (bebas)," ucap Indah Sari. Indah Sari mengatakan, dirinya sudah datang ke Lapas Cipinang sejak pukul 06.30 WIB. Ia juga membeberkan fakta lainnya, yaitu Saipul Jamil sebenarnya sudah bebas murni sejak dini hari pukul 00.00 WIB.

"Tapi ternyata ada apel dulu di dalam, sebenarnya bang haji (Saipul Jamil) itu sudah bisa keluar dari jam 24.00 tadi malam," ujarnya. Setelah keluar penjara, Saipul Jamil menyampaikan rencana kegiatannya yang memang sudah dipikirkan sebelum bebas. "Niat saya pertama mau ke makam orang tua, juga mau ke makam almarhumah istri," kata Saipul Jamil.

Ia juga mengaku akan melakukan ritual berendam di lautan. Ritual tersebut diduga untuk membersihkan diri dari semua masalah yang telah ia alami. "Setelah itu saya ingin mandi di laut, tapi lautnya di mana saya belum tahu, saya ikut saja. Soalnya saya selama ini mandi air penjara," ucapnya.

Tidak hanya itu, pelantun lagu 'Ratu Hatiku' ini juga mengaku sangat ingin sekali makan ketoprak. "Alhamdulillah sehat, nyawa belum kumpul nih, masih bingung mau ngomong apaan. Allahu Akbar, pengen makan semua makanan, pengen makan ketoprak," kata Saipul Jamil. Selain itu, ia mengaku banyak mendapat pengalaman berharga yang pasti tidak akan pernah dilupakan selama mendekam di penjara.

Setelah menghirup udara bebas, Saipul Jamil berjanji akan menjadi manusia yang berguna dan lebih baik dari sebelumnya. "Aku ingin berubah menjadi yang lebih baik, lillahi taala," ucap Saipul Jamil di atas mobil Porsche merah yang dikendarai Indah Sari. Saat berdiri di atas mobil Porsche berkelir merah, Saipul Jamil membawakan lagu terbarunya yang ia buat di dalam penjara. "Kalau yang di dalam penjara itu karya Bunda Dorce, makasih buat Bunda Dorce, itu judulnya Manusia Biasa. Nah begitu saya bebas ada single terbaru saya itu, judulnya Sanggupkah Engkau Untuk Setia," ungkap Saipul Jamil.

"Sanggupkah engkau setia, menemaniku di sini. Di saat Bang Ipul merana dalam luka terpedih," lanjut Saipul Jamil sambil bernyanyi dengan kekasihnya, Indah Sari. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.