Latest Post

Darah haid menggumpal? Berikut Cara Mengatasinya – SehatQ Sedang Cari Harga Toyota Avanza? Ini Informasinya

– Kawan Puan, ada banyak masalah kulit yang kerap membuat perempuan merasa tidak percaya diri. Salah satu masalah kulit tersebut adalah beruntusan di kulit wajah. Meski normal terjadi dan bisa dialami siapa saja, jika tidak diatasi, beruntusan bisa membuat seseorang kurang merasa percaya diri. Beruntusan sendiri merupakan salah satu masalah kulit yang ditandai dengan munculnya benjolan benjolan kecil di wajah dan kulit yang memerah, seperti yang dikutip dari Healthline .

Penyebab beruntusan ini ada beberapa, di antaranya satunya iritasi setelah menggunakan produk kecantikan yang tidak cocok hingga tersumbatnya pori pori akibat cuaca yang panas dan lembap. Namun Kawan Puan boleh tenang, pasalnya jika ditangani dengan tepat beruntusan bisa hilang dan kulit wajahmu bisa mulus kembali. Berikut berbagai cara mengatasi beruntusan yang bisa kamu coba, seperti yang dikutip dari Healthline !

Cara pertama untuk mengatasi beruntusan adalah dengan menghindari produk kecantikan atau skincare dengan bahan minyak. Seperti diketahui ada berbagai produk kecantikan yang mengandung minyak di dalamnya seperti, face oil hingga pembersih wajah. Dengan menghindari memakai produk bebas minyak, akan membuat kulit Kawan Puan bisa bebas bernafas dan pori pori kulit tidak makin tersumbat.

Cara selanjutnya untuk mengatasi beruntusan pada kulit wajah adalah mengompresnya dengan air dingin. Kawan Puan bisa menggunakan air matang ya agar kulit tidak semakin iritasi. Cara mengompresnya pun cukup mudah, yaitu celupkan handuk atau kain lembut pada air suhu normal. Lalu usapkan lembut pada kulit wajah yang tengah beruntusan. Jika beruntusan terjadi di seluruh kulit, Kawan Puan bisa mandi dengan air dingin tanpa sabun.

Kawan Puan, jika dengan kedua cara di atas beruntusan pada tidak kunjung membaik, kamu bisa mencoba mengaplikasikan losion kalamin. Namun pastikan menggunakan losion kalamin yang khusus untuk kulit sensitif karena kamu tengah beruntusan. Seperti diketahui, losion kalamin merupakan losion khusus yang berfungsi untuk mengurangi rasa gatal akibat iritasi ringan.

Selain itu, pastikan untuk tidak mengoleskan losion ini di bagian mulut, mata hingga daerah dekat hidung ya. Beruntusan akibat cuaca panas dan lembap akan membuatmu terasa gatal dan kulit jadi kemerahan. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan tetap terhidrasi dari dalam. Oleh karena itu, penting bagi Kawan Puan untuk memenuhi cairan tubuh.

Minumlah air putih secara cukup tiap harinya, jika diperlukan Kawan Puan bisa meminum air putih dingin. Selain itu dengan tetap terhidrasi akan membuat suhu tubuh Kawan Puan tetap stabil sehingga kamu tak akan merasa kepanasan yang berlebihan. Kawan Puan, beruntusan juga bisa disebabkan karena debu dan kotoran yang masuk ke pori pori kulit.

Oleh karena itu rutinlah mengganti seprai serta sarung bantal dan guling setiap seminggu sekali. Selain itu, Kawan Puan perlu menggunakan seprai dan sarung bantal dengan kain yang breatable seperti katun hingga linen. Pasalnya kedua jenis kain tersebut dikenal lembut sehingga mampu mengurangi gesekan pada kulit wajah yang tengah beruntusan.

Bagaimana Kawan Puan, tertarik mencoba berbagai cara mengatasi beruntusan di kulit wajah tersebut? Sebagai catatan, jika beruntusan tak kunjung membaik, pastikan segera berkonsultasi dengan dokter ya untuk penanganan lebih lanjut! (*) Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.