Latest Post

Tips Memilih Meja TV yang Tepat untuk Ruang Tamu Anda Benefits of Cloud Computing Solutions for Businesses

supplier kabel ties

Anda pasti sudah familiar dengan benda satu ini, bukan? Atau bahkan pernah membelinya dari supplier kabel ties untuk mengamankan barang?

Kabel ties atau zip ties sudah menjadi benda yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Awalnya, kabel ties diciptakan sebagai pengikat kabel listrik agar lebih rapi, terorganisir, dan tidak membahayakan orang.

Meski bentuknya hanya seperti seutas tali, namun kabel ties memiliki kegunaan yang sangat multifungsi. Baik di perkantoran, pusat perbelanjaan, hingga bengkel.

Untuk lebih memahami fungsi, cara menggunakan dan melepas kabel ties yang tepat, kami sudah menyajikan rangkumannya lengkap. Simak sampai habis, ya.

Apa Itu Kabel Ties?

Mungkin di antara kamu ada yang belum tahu kabel ties? Kabel ties adalah kabel tipis yang kuat dan fleksibel yang digunakan sebagai pengikat benda-benda tertentu.

Kebanyakan, kabel ties terbuat dari material plastik nylon. Namun ada pula kabel ties berbahan polipropilena dan stainless.

Kabel ties diciptakan oleh Robert M. Thomas dan Hobart D. Betts pada 1958 untuk kebutuhan perusahaan pesawat terbang. Saat itu, mereka membutuhkan benda yang dapat mengikat kabel-kabel listrik dan kawat dengan kuat dan aman di awak pesawat. Lalu, mereka pun merancang kabel ties dari plastik yang kokoh, tidak menghantarkan listrik, dan mudah digunakan.

Fungsi Kabel Ties

Seperti sudah disinggung sebelumnya, kabel ties memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa fungsi kabel ties, yaitu:

1. Merapikan Kabel Listrik

Instalasi kelistrikan melibatkan berbagai macam komponen dan kabel-kabel listrik yang saling bersambung, terutama di gedung tinggi dan pabrik. Supaya rapi dan mengurangi risiko kecelakaan, kabel listrik dikelompokkan sesuai kategori kemudian disatukan atau diikat dengan kabel ties.

Kamu juga bisa memanfaatkan kabel ties untuk merapikan aliran kabel di rumah, seperti di belakang meja televisi atau bawah meja kerja.

2. Sebagai Pengait Kemasan

Tidak jarang, supermarket, swalayan, bahkan coffee shop menggunakan kabel ties untuk mengikat kantong belanjaan para pembeli. Cara ini efektif dan mudah untuk melindungi belanjaan supaya tidak tercecer, terutama jika pemesanan delivery order.

3. Perawatan Tanaman Kebun

Fungsi kabel ties juga dapat dimanfaatkan untuk membantu kegiatan berkebun, lho. Kamu bisa menggunakan kabel ties sebagai penyangga tanaman agar tetap tumbuh dengan tegak.

Caranya, tancapkan sebuah batang kayu atau bambu kecil di sekitar tanaman. Lalu, ikatkan kabel ties secara longgar untuk menyatukan tanaman dan kayu.

Ukuran Kabel Ties dan Harganya

Di pasaran, kabel ties tersedia dalam ukuran, ketebalan, dan warna yang bervariasi. Berikut ukuran kabel ties dan kisarannya untuk kemasan isi 100 pcs:

  • 2,5 x 200 mm (20 cm) = Rp5000
  • 2,6 x 150 mm (15 cm) = Rp5.800
  • 3,6 x 150 mm (15 cm) = Rp5.850
  • 3,6 x 200 mm (20 cm) = Rp7.800
  • 3,6 x 250 mm (25 cm) = 9.500
  • 4,8 x 200 mm (20 cm) = Rp10.000
  • 4,8 x 300 mm (30 cm) = Rp16.000
  • 4,8 x 400 mm (40 cm) = Rp20.00

Cara Menggunakan dan Melepas Kabel Ties

Kabel ties memiliki ceruk-ceruk kecil pada salah satu sisinya. Satu ujungnya berbentuk kotak kecil sebagai pengait, lalu ujung satunya meruncing.

Penggunaan kabel ties sangat mudah. Kamu tinggal memasukan ujung kabel yang meruncing pada ujung yang berbentuk kotak, lalu sesuaikan keketatannya. Kamu bisa menggunting ujungnya jika terlalu panjang.

Lalu, masalah yang sering dialami yaitu cara membuka kabel ties yang sudah direkatkan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, dipotong menggunakan gunting dan dibuka tanpa gunting.

Jika kamu ingin membuka kabel ties tanpa gunting, caranya yaitu menggunakan jarum atau peniti. Tekan jarum pada pengaitnya hingga menciptakan ruang. Lalu tarik kabel yang meruncing hingga terlepas.

Itulah fungsi, cara menggunakan, dan cara melepaskan kabel ties. Kamu bisa mendapatkan kabel ties dari supplier kabel ties dengan harga murah seperti PT. Mandiri Raya Tangguh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *