Latest Post

Darah haid menggumpal? Berikut Cara Mengatasinya – SehatQ Sedang Cari Harga Toyota Avanza? Ini Informasinya

Simak pembahasan soal dan kunci jawaban tema 4 kelas 5 SD halaman 28, 29, 30, 31, 32, dan 33 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 4. Buku Tematik Tema 4 untuk kelas 5 SD Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini berjudul Sehat Itu Penting. Dalam Pembelajaran 4 Subtema 1 ini terdapat pembahasan mengenai pantun kanak kanak, pantun muda dan pantun tua.

Kunci jawaban ini merupakan pedoman orang tua atau wali dalam mengoreksi hasil belajar anak. Siti, Dayu, Beni, Edo, Lani, dan Udin teman satu kelompok. Mereka sedang mengerjakan tugas kelompok. Tugas yang dikerjakan membuat berbagai macam pantun, Seperti pantun kanak kanak, pantun muda, dan pantun tua. Mereka bekerja sama dengan baik. Tidak ada satu anggota pun yang tidak melaksanakan tanggung jawabnya. Setiap anggota kelompok memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Identifikasilah bentuk tanggung jawab setiap anggota kelompokmu. Tuliskan hasilnya dalam buku tugas!

Tanggung jawab setiap anggota kelompok adalah sebagai berikut. Jawaban: – Mengerjakan tugas yang telah dibagi – Saling mendukung dan membantu satu sama lain

– Mencari solusi dan jawaban dari tugas yang diberikan bersama Tugas kelompok telah diselesaikan dengan cepat oleh Siti dan teman temannya. Lani, Beni, dan Udin ditunjuk untuk mewakili kelompoknya membacakan pantun yang telah dibuat. Lani bertugas membaca pantun kanak kanak. Pantun kanak kanaknya sebagai berikut. Jalan jalan ke Kota Blitar Jangan lupa membeli sukun Kalau ingin menjadi pintar Kamu harus belajar dengan tekun

Burung camar di tepi pantai Pantai indah banyak ombaknya Jadilah kamu anak yang pandai Sudah pasti banyak temannya Lumba lumba ikan pintar Pandai bermain lingkaran api Dari kecil hingga tumbuh besar Harus taat abi dan umi Beni bertugas membacakan pantun muda. Pantun mudanya sebagai berikut.

Padi kering karna dijemur Masukkan karung diikat tali Jika kamu berbudi luhur Tentu tahu membalas budi Indah nian burung kakak tua Terbang tinggi tanpa ragu Telah lama tidak bersua Hati sedih karena rindu Udin membacakan pantun tua. Pantun tuanya sebagai berikut.

Tingkap papan kayu persegi Sampan sakat di Pulau Angsa Indah tampan karena budi Tinggi derajat karena bahasa Sultan Leman di pekan Sabtu Pengawalnya membeli lada Jangan melawan kepada guru Orang pelawan hatinya buta Anak orang Tanjung Ampalu Senja hari pasang pelita Luka tangan oleh sembilu Luka hati karena kata

Pantun diatas adalah pantun kanak kanak, pantun muda, dan pantun tua. Semuanya hasil kerja kelompok Siti. Semua pantun dibuat empat baris. Dua baris dalam setiap bait pantun di atas merupakan sampiran. Dua baris berikutnya merupakan isi pantun. Ingatkah kamu pengertian pantun kanakkanak, pantun muda, dan pantun tua? untuk mengingatnya, kerjakan soal berikut. Apakah pantun kanak kanak, pantun muda, dan pantun tua? Tuliskan dalam kolom berikut! Jawaban:

– Pantun kanak kanak adalah pantun yang berisi sesuatu yang berhubungan berkaitan dengan masa kanak kanak – Pantun muda adalah pantun yang berisi sesuatu yang berhubungan dengan masa muda seperti perjuangan dan cinta – Pantun tua adalah pantun yang berisi dengan nasehat kehidupan

Pantun merupakan cara yang tepat untuk menyampaikan nasihat. Nasihat bagi individu maupun kelompok. Pada pertemuan sebelumnya, telah disajikan pantun yang mengandung makna pentingnya kerja sama dan mufakat dalam masyarakat. Kerja sama dan mufakat merupakan warisan budaya masyarakat Indonesia. Warisan budaya inilah yang harus dipertahankan dan ditingkatkan. Budaya dan sosial bangsa Indonesia perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Karena hal ini menjdai tanggung jawab warga masyarakat indonesia. Budaya dan sosial diantaranya adalah sebagai berikut. 1. Membiasakan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan bersama. 2. Membiasakan tolong menolong antarwarga masyarakat. 3. Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti atau gotong royong dalam masyarakat. 4. Menjaga interaksi yang baik antarwarga masyarakat. 5. Membiasakan interaksi yang mengarah ke persatuan. 6. Menghindari interaksi yang mengarah ke perpecahan. Misalnya, lingkungan tempat tinggalmu sedang tidak aman. Mengapa? Karena terjadi pencurian di beberapa rumah warga. Apa yang harus dilakukan warga masyarakat di tempat tinggalmu? Siapakah yang bertanggung jawab atas keamanan di lingkungan tempat tinggalmu?

Kemukakan pendapatmu dan tuliskan pada kolom berikut! 1. Hal yang seharusnya dilakukan warga masyarakat adalah Jawaban:

Rutin mengadakan siskamling setiap malam Memasang kamera CCTV 2. Petugas yang bertanggung jawab atas keamanan di lingkungan tempat tinggal adalah

Jawaban: Siskamling: Melakukan penjagaan, memberikan peringatan untuk mencegah terjadinya kejahatan, kecelakaan, kebakaran, banjir dan bencana alam. Linmas: Memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta memberikan penyuluhan penanganan bencana alam.

Petugas keamanan lingkungan: Melindungi lingkungan dari setiap gangguan keamanan. Siti dan teman teman telah mengerjakan tugas kelompok. Kemudian, mereka bersepeda keliling kampung tempat tinggalnya. Mereka bermain dengan bersepeda sekaligus berolahraga. Karena berolahraga dapat menjaga kesehatan tubuh. Siti dan teman temannya mempunyai hobi yang sama. Hobi mereka bersepeda. Tiba tiba, ada seorang pengendara sepeda motor dan seorang ibu yang membonceng memberhentikan Siti dan teman temannya. Kedua orang itu berhenti di pinggir jalan. Ternyata kedua orang itu menayakan alamat rumah Pak RW. Bagaimana seharusnya sikap Siti dan teman temannya? Karena Siti dan teman temannya sebagai warga yang baik dan bertanggung jawab. Untuk memahami hal ini, lakukan kegiatan berikut.

Bagaimana sikapmu ketika ada seseorang yang menanyakan alamat rumah Pak RW di kampungmu ? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut. Jawaban: Saya akan menjelaskan arah dan ciri ciri rumah pak RW.

Siti dan teman temanya telah menjawab pertanyaan tersebut. Mereka melanjutkan acara bersepeda keliling kampung. Setiap individu mempunyai tanggung jawab. Tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, maupun bangsa dan negara. Bagaimana melaksankan tanggung jawab tersebut agar tidak saling berbenturan? Apa yang akan terjadi jika setiap individu sadar dan melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat? Tuliskan pendapatmu dalam kolom berikut. Setiap warga masyarakat mempunyai tanggung jawab. Tanggung jawab ikut serta dalam menciptakan ketenangan, keamanan, dan ketertiban. Apa upaya yang dapat dilakukan warga masyarakat untuk menciptakan ketenangan, kemanan, dan ketertiban dalam masyarakat? Diskusikan dengan orang tuamu. Tuliskan hasilnya dalam kolom berikut.

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Masih ingatkah silsilah keluarga besar yang sudah kamu buat? Masih Ceritakan silsilah keluargamu.

Ayah saya bernama Doni. Ibu saya bernama Rina. Kakak saya bernama Mita.

Adik saya bernama Riko. Ceritakan di depan teman temanmu. Orang tua dan siswa membuat tali karet untuk kegiatan lompat tali. Bahan yang digunakan adalah karet gelang yang dipilin memanjang.

Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.