Latest Post

Darah haid menggumpal? Berikut Cara Mengatasinya – SehatQ Sedang Cari Harga Toyota Avanza? Ini Informasinya

Dalam sebuah rumah, kamar mandi merupakan tempat penting dan sangat dibutuhkan. Sebab, keperluan hidup utama manusia seperti mandi dan buang air dilakukan di kamar mandi. Meski tidak terlalu nampak, tetapi dalam mendesain kamar mandi kita tidak boleh sembarangan, apalagi jika salah satu penghuni rumah adalah lansia.

Kamar mandi untuk lansia tentunya lebih spesial dibanding kamar mandi pada umumnya. Maksudnya, ruangan tersebut harus aman diakses siapa saja. Selain itu, kamar mandi untuk lansia juga sebisa mungkin bukan kamar mandi basah yang terus menerus terpapar air karena akan membuat lantai jadi licin. Lantai licin bisameningkatkan risiko lansia terpeleset, bahkan siapa saja bisa mengalaminya.

Kecelakaan seperti ini bisa berakibat fatal bagi lansia. Sebab, kepala mungkin terbentur bahkan risiko kematian bisa terjadi. Untuk mencegahnya, coba desain kamar mandi ramah lansia berikut ini seperti dikutip dari : Di dalam kamar mandi untuk lansia, harus ada sumber penerangan atau pencahayaan yang baik.

Pastikan sakelar lampu mudah dijangkau oleh lansia. Kawan Puan bisa meletakkanya di tembok dekat pintu kamar mandi dengan ketinggian sedang. Pasang shower di kamar mandi untuk lansia ya, Kawan Puan.Penggunaan shower akan lebih memudahkan aktivitas mandi bagi seorang lansia. Menjadi lebih mudah karena lansia hanya perlu menekan atau memutar kerannya dan mereka tidak perlu susah payah mengangkat gayung.

Selain memasang shower, Kawan Puan juga bisamenambahkankursi sebagai alat bantu karena lansia mungkin mereka kesulitan untuk berdiri. Kloset duduk menjadi hal penting dalam kamar mandi untuk lansia lho, Kawan Puan. Kloset duduk menjadi sarana buang air yang ramah bagi lansia karena mereka bisa buang air tanpa harus jongkok dan menahan beban tubuhdalam waktu lama.

Sering terlupakan, tetapi singkirkan benda berbahaya yang bisa membuat seorang lansia tersandung di area kamar mandi. Jika Kawan Puan dan keluarga menggunakan sabun cair, letakkan di tempat yang aman tetapi mudah dijangkau seperti di bawah shower. Tujuannya ialah menghindari tumpah yang mengakibatkan lansia mungkin terpeleset.

Untuk kamar mandi yang aman bagi lansia, pastikan pintu kamar mandi tersebut mudah dibuka. Selain itu, pilih kunci yang mudah dibuka dari luar apabila terjadi hal darurat, Kawan Puan. Tambah keamanan ekstra dengan meletakkan keset anti licin di bagian luar dekat pintu kamar mandi ya, Kawan Puan.

Pastikan jika keset kamar mandi tersebut benar benar anti licin dan tidak mudah bergeser. Agar kamar mandi semakin ramah lansia, lengkapi area kloset duduk dan area shower dengan grab bar atau pegangan. Pegangan ini sangat berguna untuk pegangan jika seorang lansia terlalu lelah atau kesulitan berjalan.

(*) Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.