Latest Post

Pentingnya Facebook Analytics Untuk Pengguna Fitur Facebook Gaming Inilah Fungsi Software Kasir Bagi Bisnis

Tidak diragukan lagi kalau narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan. Di ambil dari sumber tempo artikel kali ini akan membahas pentingnya melakukan rehabilitasi medis bagi pecandu narkoba. 

Pentingnya Rehabilitasi Bagi Pecandu

Bukan hanya merusak kesehatan psikis, narkoba juga memberikan dampak buruk bagi fisik pecandunya. Bukan hanya berbahaya bagi dirinya sendiri tapi juga bisa berbahaya bagi orang lain. 

Jadi pecandu narkoba harus melakukan rehabilitasi. Supaya pengguna narkoba terbebas dari cengkraman bahayanya narkotika. 

Beberapa tanda atau gejala orang yang kecanduan narkoba. Simak berikut ini untuk mengetahui tanda-tanda tersebut. 

  • Pupil mata membesar atau mengecil dan berwarna merah. 
  • Berat badan menjadi naik atau turun secara drastis. 
  • Pola tidur dan pola makan menjadi tidak teratur. 
  • Tidak terlalu peduli pada lingkungan, seperti jarang mandi atau jarang berganti pakaian. 
  • Mood bisa berubah secara drastis bisa senang bisa sedih, atau susu lebih berenergi sehingga tidak bisa diam. 
  • Sering cemas dan menarik diri dari perhatian atau lingkungan sosial. 
  • Sulit konsentrasi atau fokus.
  • Tubuh terasa bergetar atau bisa juga kejang. 
  • Sering mimisan. 

Bukan hanya itu saja, orang yang sudah kecanduan narkoba dia akan lebih berani untuk melakukan hal-hal yang berbahaya. Misalnya mencuri. 

Oleh karena itu pecandu narkoba harus melakukan rehabilitasi supaya mereka bisa lepas dan bebas dari cengkeraman narkoba yang berbahaya. 

Untuk mendukung rehabilitasi tersebut pemerintah sudah menjamin adanya perawatan medis terhadap pecandu narkoba. Jadi pecandu narkoba harus melaporkan diri Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL). 

Pelaporan tersebut bisa melalui Puskesmas, rumah sakit, atau tempat rehabilitasi yang ada di seluruh Indonesia. Meski begitu masih banyak pecandu narkoba yang tidak mau melapor. 

Hal tersebut akibat dari stigma yang diterima oleh pecandu narkoba dari lingkungan masyarakat sekitarnya. Seperti pecandu narkoba biasanya dikaitkan dengan pelaku kriminal. 

Padahal mereka juga adalah korban yang perlu melakukan rehabilitasi. Supaya bisa terlepas dari narkoba dan bahaya yang menyertainya. 

Itulah sebabnya penting untuk melakukan rehabilitasi bagi pecandu narkoba. Semoga penjelasan ini bisa membuka wawasan bahwa pecandu narkoba termasuk korban yang harus dibantu supaya bisa terlepas dari kecanduannya terhadap narkotika. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *