Latest Post

Darah haid menggumpal? Berikut Cara Mengatasinya – SehatQ Sedang Cari Harga Toyota Avanza? Ini Informasinya

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia Senin (10/1/2022). Terdapat beberapa daerah yang mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG. Melalui laman resminya, memprediksi 24 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Sementara, 6 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. BMKG menginformasikan, terdapat sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Kalimantan Barat, di Samudra Hindia barat Lampung, di Samudra Hindia selatan Bali, dan di Samudra Pasifik utara Papua Barat yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi). Konvergensi memanjang di Laut Natuna bagian timur, di Samudra Hindia barat Banten, di Samudra Hindia selatan Jawa Timur Bali, dan di Samudra Pasifik timur Filipina.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Sumatera Utara hingga Aceh, dari semenanjung Malaysia hingga Sumatera Selatan, di Laut Jawa, dari Kalimantan Timur hingga Selat Makassar, dari Laut Banda hingga perairan Kaimana, di Papua bagian utara, dan di perairan selatan Papua. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. Aceh

Sumatera Barat Riau Bengkulu

Jambi Sumatera Selatan Lampung

Banten Jawa Barat DKI Jakarta

Jawa Tengah Yogyakarta Jawa Timur

Bali Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur

Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Timur

Kalimantan Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara

Papua Barat Papua Sumatera Utara

Kep. Riau Kep. Bangka Belitung Kalimantan Utara

Sulawesi Selatan Maluku Pembaruan informasi ini disampaikan pada Minggu (9/1/2022) oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG.

Leave a Reply

Your email address will not be published.